AKSI PENYAMPAIAN ASPIRASI / PENYERAHAN PAMPLET TUNTUTAN AKSI OLEH ALIANSI BUMI (WALHI Kalteng, SOB, AMAN Kalteng, LDP, BEM Unpar, BEM Unkrip, BEM STIMIK, BEM STAIN, KAMMI, GMKI, SLANKERS)

Palangka Raya, 21 April 2011.

Kantor Pendukung REDD+ Kalteng

Rabu, 20 April 2011.

Penyampaian surat “Aksi Bersama Hari Bumi 2011” No. 04/ALIANSI BUMI/Humas/IV /2011 tanggal 18 April 201, perihal: Penyerahan Pamplet Tuntutan Aksi oleh Humas Aksi sdr. Anang Juhaidi.  Surat ini merupakan pemberitahuan akan rencana kedatangan mereka ke Kantor Pendukung REDD+ Kalteng.(KPR+ Kalteng)

Kamis, 21 April 2011.

Pukul 10.00 WIB

Rombongan berjumlah kurang lebih 30 orang yang merupakan anggota Aliansi Bumi tiba di KPR+ Kalteng.  Di depan kantor mereka membentangkan salah satu spanduk besar yang bertuliskan  “Laksanakan MORATORIUM sekarang” dan membacakan surat tuntutan “Aliansi Bumi”.

Adapun tuntutan-tuntutan tersebut antara lain adalah penghentian dan pencabutan ijin perusahaan yang menimbulkan konflik dengan masyarakat, penghentian ijin sawit dan tambang yang bermasalah, penghentian konversi hutan, penegakkan hukum pada sektor kehutanan, evaluasi implementasi REDD + di Kalteng, pemberian ruang yang seluas-luasnya untuk kawasan kelola rakyat, perlindungan hak dan wilayah kelola masyarakat adat, evaluasi kembali ijin-ijin yang telah dikeluarkan pada sektor kehutanan, dan pelaksanaan moratorium.

Kami dari KPR+Kalteng menawarkan untuk berdiskusi di meeting room untuk menjelaskan apa tugas kami dan apa yang telah kami laksanakan.terkait terpilihnya Kalteng sebagai Pilot Province dalam implementasi REDD+ di Indonesia.  Pada awalnya kami menawarkan beberapa orang saja untuk dapat masuk, tetapi ternyata kapasitas ruang pertemuan dapat menampung semua peserta aksi, sehingga semuanya diundang masuk ke dalam ruang pertemuan.

Pukul 10.15 WIB

Diskusi di Meeting Room Kantor Pendukung REDD+ Kalteng diawali dengan penjelasan tentang fungsi dan tugas Kantor KPR+Kalteng, menjelaskan fasilitas meeting room dan REDD+ Cyber Resource Center (RCRC) yang dapat digunakan oleh berbagai pihak terkait dengan aktivitas REDD+ di Kalteng dan akses informasi yang disediakan secara gratis. Di samping itu, kami juga menggambarkan situasi dan kondisi rencana implementasi REDD+ baik di tingkat nasional maupun tingkat Kalteng sebagai Pilot Province. Pada tingkat nasional, saat ini sedang disusun Strategi Nasional, draft Moratorium penerbitan perizinan baru dan Keppres Propinsi Pilot.  Diinformasikan juga bahwa ketiga kegiatan itu akan menggunakan Keppres sebagai payung hukum dalam implementasinya.  Pada tingkat Kalteng sebagai Pilot Province implementasi REDD+ di Indonesia, saat ini sebenarnya sedang menunggu payung hukum, namun demikian persiapan terus dilakukan, salah satu progress penting adalah terwujudnya Kantor Pendukung REDD+ ini.

Pada session Tanya Jawab ditanyakan beberapa hal, antara lain :

–       Selama ini secara detail mahasiswa tidak mengetahui apa itu REDD+ yang banyak dibicarakan beberapa kalangan.  Apalagi pada tingkat masyarakat yang dampaknya nanti akan mereka terima. Intinya adalah kurangnya sosialisasi tentang REDD+ ini.

–       Masalah pengaturan hutan di tangan birokrasi menjadi jelek, maka perlu segera diatur lebih lanjut.

–       Karena REDD+ ini merupakan masalah dunia, maka patut disyukuri bila Kalteng terpilih berada di garis depan.

–       Dalam implementasinya nanti diharapkan tidak hanya menguntungkan pihak tertentu saja.

–       Bagaimana kelembagaan di tingkat Kab/kota, apa mereka juga diikutsertakan.

–       Ditekankan agar implementasi REDD+ ini nantinya menguntungkan bagi masyarakat adat dan masyarakat lokal.

–       Apa semua kabupaten/kota nantinya akan dilibatkan, kab/kota apa saja? Di mana lokasinya? Jangan sampai nanti dengan adanya REDD+ ini akan merusak tatanan yang sudah ada di tingkat lokal seperti pada zaman HPH dulu.

Pukul 11.00 WIB

Mahasiwa dan LSM meninggalkan Kantor Pendukung REDD+ Kalteng.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s