Kunjungan Clinton Foundation ke Kantor Pendukung REDD + Kalteng

Palangka Raya, 8 April 2011

Kantor Pendukung REDD + Kalteng

Palangka Raya, Jum’at, 8 April 2011, Clinton Foundation mengunjungi Kantor Pendukung REDD + Kalteng. Stephen Devenish selaku Regional Coordinator – Forestry Indonesia menyampaikan tiga hal pokok dalam pertemuannya dengan Koordinator beserta staf Kantor Pendukung REDD + Kalteng yaitu tentang rencana Konservasi Lahan Gambut di Kabupaten Seruyan seluas 50.000 hektar, Konservasi Hutan Gambut di Kabupaten Katingan seluas 200.000 hektar di mana dalam proyek ini, California akan menjadi partner yang akan mendukung bagian perlengkapan teknologi, dan konservasi flora dan fauna di Kabupaten Lamandau yang akan mencakup 4 (empat) desa.

Dijelaskan juga bahwa manfaat utama dari proyek Clinton Foundation ini bagi masyarakat yaitu menyentuh lingkungan sosial yang nanti akan mengarah pada manajemen hutan, pengembangan subnasional MRV (Monitoring, Reporting, Verifying) yang mengarah pada sistem assessmen hutan, dan jaringan lintas provinsi yang nantinya diharapkan adanya koordinasi antar NGO melalui workshop yang akan dilaksanakan secara reguler.

Namun, dari keseluruhan rencana ini, Clinton Foundation menyampaikan permasalahan yang mereka hadapi yaitu tentang perkebunan sawit legal yang bagaimanapun juga, di satu sisi, menjadi kendala dari tujuan REDD +. Permasalahan tentang perkebunan sawit legal inilah yang mereka sampaikan guna mencari solusi dan tindakan yang tepat untuk pelaksanaan proyek ini selanjutnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s