Pertemuan Komda REDD + Kalteng dengan JICA-Jepang

Palangka Raya, 7 April 2011

Kantor Pendukung REDD + Kalteng

Pada hari Kamis, 7 April 2011, Komda REDD + Kalteng menerima kunjungan dari JICA-Jepang di Kantor Pendukung REDD + Kalteng. Dalam pertemuan ini, hadir Plt. Sekda Provinsi Kalimantan Tengah (DR. Siun Jarias) selaku Ketua Komda REDD + Kalteng,  Pembantu Rektor I UNPAR (Prof. DR. Kumpiady Widen),Prof.Mitsuru OSAKI Ph.D, Kazuyo Hirose, dan Hendrik Segah, Ph.D dari Hokkaido University, DR. Aswin Usup dari Universitas Palangka Raya, Prof, DR M. Evri dari BPPT, DR. Anom B. dari Universitas Indonesia, Kepala BLH/selaku Wakil Ketua Komda II (dr. ADM Tangkudung), Alue Dohong, SE., M.Sc beserta anggota Komda REDD+ Kalteng lainnya.

Pada pertemuan ini, Pembantu Rektor I UNPAR Prof.DR. Kumpiady Widen menjelaskan tujuan kedatangan JICA-Jepang ini adalah dalam rangka mempresentasikan Rencana Project di Hutan Hampangen di Km. 68, Kasongan.  Pertemuan ini juga diisi dengan 2 (dua) presentasi yang dipaparkan langsung oleh DR. Aswin Usup  (UNPAR) dan Prof. Mitsuru Osaki (Hokkaido University). Prof.DR.Kumpiady Widen juga menambahkan bahwa rencana tersebut merupakan bagian dalam mendukung dan kerjasama dalam implementasi REDD+. Hampangen Education Forest/ Hutan Pendidikan Hampangen sudah memperoleh ijin dari Departemen Kehutanan.  UNPAR berharap dengan adanya kerjasama yang melibatkan banyak lembaga di Hutan Hampangen ini (Hokkaido University, Universitas Indonesia, BPPT, Kementerian Kehutanan, Bappeda Provinsi Kalteng, UNPAR, dan Sumitomo Corporation) akan dapat mempercepat keberhasilan pelaksanaannya.

Presentasi “Master Plan of Hampangen Education Forest” yang dipaparkan oleh DR.Aswin Usup, secara garis besar menjelaskan tentang kondisi Hutan Pendidikan Hampangen (Hampangen Education Forest-HEF), rencana pengembangan HEF seluas 5.000 Ha, rencana zonasinya, dan Peatland Central Data. Sedangkan tujuan dari  HEF ini sendiri adalah untuk mendorong HEF sebagai Centre of Excellence (CoE), menyiapkan pusat data REDD+, mendukung fasilitasi pendirian laboratorium dan fasilitas lainnya, dan menyiapkan pusat pelatihan REDD+.

Selanjutnya presentasi Prof. Mitsuru Osaki yang berjudul Project Time Table menjelaskan tentang jadwal waktu kehadiran kerjasama Jepang dengan Unpar dari tahun 1997 sampai dengan September 2014 yang telah dilakukan melalui berbagai projek.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s