Laporan Kegiatan Kantor Pendukung REDD + Kalimantan Tengah Bulan Mei 2011

Berikut ini adalah laporan kegiatan Kantor Pendukung REDD+ Kalimantan Tengah yang telah dilakukan pada bulan May 2011, yang antara lain adalah:

1. Memfasilitasi kunjungan tamu dari beberapa insititusi ke Palangka Raya dan sekitarnya, yang antara lain adalah:
– Kunjungan expertise dari CLUA dan CPI (Bapak Tom Heller dan Bapak Chip Fay) ke Desa Danau Tundai pada tanggal 5 May 2011. Adapun tujuan kunjungan ini adalah untuk melihat area lahan gambut serta bertatap muka dengan masyarakat Desa Danau Tundai.
– Kunjungan Direktur UNODC ke Pangkalan Bun pada tanggal 14-15 May 2011. Dalam kunjungan ini telah diadakan pertemuan dengan beberapa NGO lokal yang kemudian dilanjutkan dengan kunjungan ke Tanjung Putting dan sekitarnya.
– Kunjungan Satgas (Pak Willy) dalam rangka menghadiri seminar yang diadakan oleh alumnus Fakultas Kehutanan Universitas Palangka Raya.

2. Memfasilitasi kunjungan tim pemangku kepentingan REDD+ Kalteng untuk membahas program strategi REDD+ Kalteng di Jakarta yang dilaksanakan pada tanggal 1 Juni 2011 bertempat di Hotel Sari Pan Pacific Jakarta.

3. Menghadiri beberapa pertemuan yang diadakan di Palangka Raya oleh beberapa institusi lokal, seperti: Walhi dalam Seminar Nasional serta Kemitraan dalam Konsultasi FCIP. Kemudian Kantor Pendukung REDD+ Kalteng juga mengikuti rapat Pengembangan Dokumen Desain Proyek Center of Excellence REDD+ Kalteng yang diadakan di Jakarta pada tanggal 26 sampai 30 May 2011. Dalam hal ini Kantor Pendukung telah mengirimkan dua orang dari Kantor Pendukung untuk menghadiri rapat tersebut.

4. Menerima tamu yang disertai dengan pertemuan singkat dengan berbagai stakeholder dengan maksud mengkoordinasikan kegiatan REDD+ di KalTeng, antara lain:
– UNODC
– Mc Kinsey & Co.
– Aliansi Masyarakat Adat dari Kotawaringin Barat
– Mahasiswa UNPAR
– Duta Lingkungan Hidup Kalteng
– CIFOR Bogor

5. Memfasilitasi konsultasi publik guna memberikan masukan bagi KOMDA akan pelaksanaan REDD+ di Kalteng, yang antara lain dilaksanakan melalui pertemuan antara KOMDA dengan tokoh masyarakat (12 May’11), akademisi (4 May’11), dan juga NGO (5 May’11) secara terpisah. Adapun konsultasi publik dilaksanakan di ruang rapat Kantor Pendukung REDD+.

6. Memfasilitasi dan mendukung inisiasi penyiapan materi sosialisasi REDD+ yang disusun secara bersama dengan semua NGO di Kalteng (Palangka Raya). Adapun inisiasi ini direncanakan untuk diadakan selama lima kali pertemuan guna membahas dan memformulasikan materi sosialisasi REDD+. Konsultasi public secara lebih luas dengan melibatkan semua pemangku kepentingan akan diadakan setelah materi sosialisasi diselesaikan (setelah pertemuan ke lima). Setelah materi disepakati maka sosialisasi akan segera dilaksanakan secara bersama dengan melibatkan semua stakeholder ke semua kabupaten/kotamadya di Kalteng.

7. Meng-update informasi blog kegiatan Kantor Pendukung REDD+ di http://www.reddplussupportingoffice.wordpresss.com, dengan kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan baik berupa notulen ataupun gambar.

8. Menyiapkan tabel inventarisasi sumber daya manusia yang berkompeten sesuai dengan bidangnya (akademisi) bagi pelaksanaan REDD+, meng-update kontak list dan tabel aktivitas kegiatan NGO/LSM yang bekerja di bidang lingkungan/bidang lainnya yang terkait dengan REDD+

9. Mengisi acara pemilihan Duta Lingkungan Hidup sebagai pemateri yang mengambil tema mengenai REDD+ pada tanggal 27 May 2011 bertempat di Hotel Luwansa.

Adapun beberapa rencana kegiatan yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ataupun mendatang, adalah antara lain:

1. Memfasilitasi pertemuan pembahasan program strategic REDD+ Kalteng yang akan dilaksanakan pada tanggal 1 Juni 2011 bertempat di Jakarta

2. Rapat lanjutan pembahasan persiapan material sosialisasi yang dipersiapkan oleh NGO dan dengan menambah partisipasi fungsi tu poksi KOMDA REDD+ Kalteng.

3. Mendukung sepenuhnya pelaksanaan peringatan hari Lingkungan Hidup Sedunia yang bertemakan “go green and clean” yang rencananya akan diadakan dalam bulan Juni 2011, disertai dengan beragam program kegiatan yang digerakkan secara bersama-sama dengan berbagai pihak terkait di Kalteng.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s