Kompilasi Hasil Rapat NGO

1. Rapat NGO, 5 Mei 2011
Rapat NGO yang diadakan di Kantor Pendukung REDD + Kalteng pada tanggal 5 Mei 2011 dihadiri oleh 16 peserta rapat yang terdiri dari Yayasan Flora-Fauna, Lembaga Dayak Panarung, Clinton Foundation, Mitra LH, Yayasan Betang Borneo, ELPAM, JARI, Pokker SHK, WALHI, AMAN Kalteng, CARE Internasional, Kemitraan, dan Kantor Pendukung REDD + Kalteng.

Agenda rapat ini diawali dengan pengantar diskusi dari Bapak Mathius Hosang sebagai pemimpin rapat yang kemudian dilanjutkan dengan presentasi dari Yayasan Flora Fauna dan Mitra LH. Selanjutnya dibuka sesi diskusi dan experience sharing dengan expert.

Dari rapat ini maka dihasilkanlah beberapa kesimpulan sebagai berikut :

1. Pertemuan regular NGO tetap diperlukan untuk sharing, berbagi pengalaman, update informasi dan inventarisasi dan identifikasi peran masing-masing NGO selama ini di Kalteng.
2. Bahan-bahan dari stakeholders lain (akademisi, tokoh masyarakat/adat, dll) juga perlu dibagikan agar tidak terjadi pembahasan berulang atas hal yang sama serta untuk kebutuhan kompilasi.
3. Untuk waktu yang tidak lama, TOR strategi sosialisasi (komunikasi, edukasi dan public awareness) harus sudah dibuat (contoh dari sosialisasi eks PLG dan HOB bisa dikembangkan).
4. Perlu ada gerakan yang bersifat masal untuk mengkampanyekan REDD+ dan melibatkan partisipasi masyarakat secara lebih luas (tidak hanya terhenti pada “diskusi”).
5. Penyadartahuan tidak hanya untuk masyarakat pedesaan, tapi juga harus terlebih dahulu menjangkau tingkat aparat pemerintahannya dan pengambil kebijakan (Bupati/Walikota). Untuk itu perlu ada kebijakan/peraturan.

2. Rapat NGO, 13 Mei 2011, Penyusunan Draft Materi/ Modul dan TOR Sosialisasi REDD + II

Rapat ini dihadiri oleh Lembaga Dayak Panarung, AMAN Kalteng, Clinton Foundation, JARI-Indonesia Kalteng, eLPAM, Yayasan Betang Borneo, CARE Indonesia, Yayasan Flora Fauna, Kemitraan, Yayasan Tambuhak Sinta, dan Kantor Pendukung REDD + Kalteng.
Tujuan dari rapat ini adalah menindaklanjuti pertemuan khusus NGO untuk penyelesaian Materi/Modul dan TOR kegiatan sosialisasi langsung ke masyarakat terkait dengan REDD+, Pilot Province dan rencana implementasi REDD+ di Kalimantan Tengah.
Kesimpulan yang diperoleh dari rapat ini adalah sebagai berikut:
1. Target kerja hari ini (13 mei 2011) adalah terkumpulnya bahan/materi sosialisasi yang terbagi dalam 3 cluster sebagaimana pada tabel di bawah ini.

TABEL KONSEP REDD +

2. Slide show akan dibuat oleh Bapak Ferry Ibie setelah inventarisasi isu-isu yang dimasukan ke dalam rencana materi/modul kegiatan sosialisasi selesai.
3. Materi/modul yang menjadi bahan sosialisasi akan disesuaikan dengan sasaran atau audience yang mengikuti sosialisasi, yaitu untuk 14 Kab/Kota, baik untuk masyarakat luas, aparat pemerintah maupun pengusaha, dengan tingkat pengetahuan/pemahaman berbeda-beda yaitu : sudah tahu, tidak tahu, sudah tahu tapi masih menghitung keuntungan untuk ikut atau tidak, dan yang tidak mau tahu sama sekali.
4. Materi/modul yang terkumpul dari inventarisasi terhadap isu-isu yang terkait dengan REDD+ merupakan bahan rujukan (“kitab suci”), acuan, referensi, atau “koleksi” bagi Tim Inisiator maupun Tim Fasilitator yang akan melaksanakan kegiatan sosialisasi pada saatnya nanti sesuai dengan target audiencenya.
5. Perlu bahan/materi yang memberikan gambaran/contoh konkret (nyata) implementasi REDD+ bagi masyarakat luas agar lebih mudah dipahami dalam kegiatan sosialisasi REDD+ ini.
6. NGO/LSM lokal perlu dilibatkan dalam sosialisasi di daerah pada saatnya nanti.
7. Cara/metode penyampaian pada kegiatan sosialisasi perlu dikembangkan pula agar lebih efektif dan mudah diterima.
8. Hasil pembuatan Materi/modul yang disusun oleh NGO ini akan dipresentasikan dan disampaikan kepada stakeholder lainnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s