LAPORAN KEGIATAN KANTOR PENDUKUNG REDD+ KALIMANTAN TENGAH JUNI 2011

Berikut ini adalah laporan kegiatan Kantor Pendukung REDD+ Kalimantan Tengah yang telah dilakukan pada bulan Juni 2011, yang antara lain adalah:

1. Memfasilitasi pertemuan pembahasan lanjutan penyusunan STRADA REDD+ Kalteng yang diadakan pada tanggal 1 Juni 2011 di Sari Pan Pacific Hotel, Jakarta dan tanggal 19 Juni 2011 di Aquarius Hotel, Palangka Raya.

2. Memfasilitasi kunjungan tim perwakilan KOMDA REDD+ Kalteng untuk menghadiri rapat koordinasi triwulan pilot project REDD+ yang dilaksanakan pada tanggal 17 Juni 2011 di Hotel Borobudur, Jakarta.

3. Melakukan koordinasi dengan BPBD dan BLH dalam penanggulangan kebakaran hutan memasuki musim kemarau dalam waktu dekat ini dan dukungan yang dapat diberikan oleh Satgas REDD+ kepada pemerintah provinsi Kalteng. Selain berkoordinasi dengan BPBD dan BLH, tim Kantor Pendukung juga melakukan kegiatan monitoring dengan melaksanakan perjalanan ke Kabupaten Pulang Pisau pada tanggal 24 Juni 2011untuk melihat keadaan aktivitas pembukaan lahan yang ada di sepanjang jalan menuju Kabupaten Pulang Pisau.

4. Memfasilitasi Kunjungan Satgas REDD+ (Pak Willy Sabandar) dalam rangka mengadakan pertemuan dengan Bapak Gubernur Kalteng dan lokal LSM Kalteng pada tanggal 28 Juni 2011 di Palangka Raya. Kunjungan ini bertujuan untuk membahas langkah selanjutnya paska selesainya tugas Satgas REDD+ sekaligus mengusulkan 7 kegiatan quick yields REDD+ yang dilaksanakan dalam jangka waktu satu tahun.

5. Memfasilitasi pertemuan Mc Kinsey & Co dengan Staf Ahli Gubernur (Bapak Godlin), Ketua KOMDA REDD+/Pelaksana Harian Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah, dan Kepala Dinas Badan Lingkungan Hidup.

6. Memfasilitasi ruangan kerja untuk Mc Kinsey & Co yang bertempat di Kantor Pendukung REDD+. Dalam hal ini ada tiga personel yang ditempatkan di Kalteng yang terdiri dari 3 orang konsultan (1 orang konsultan luar negeri, 1 orang konsultan dari Jakarta, dan 1 orang konsultan lokal dari Palangka Raya).

7. Mengadakan kunjungan silahturahmi ke beberapa kantor LSM Lokal maupun proyek yang bergerak di REDD+ yang berkantor di Palangka Raya bersama dengan Mc Kinsey & Co, yang antara lain adalah: JARI, BOS Mawas, KFCP, Walhi, Mitra LH. Selain bersama dengan Mc Kinsey & Co, Kantor Pendukung juga melaksanakan kunjungan ke Lembaga Dayak Panarung dan POKKER SHK. Dalam kunjungan ini juga mencoba mendapatkan informasi kegiatan LSM Lokal yang ada di Kalteng dalam kaitannya dengan REDD+.

8. Mengadakan kunjungan lapangan ke area hutan lahan gambut di Tuanan (research station) di Kabupaten Kuala Kapuas sekaligus bersilahturahmi ke kantor research station BOS Mawas dan kantor lapangan BOS Mawas Kuala Kapuas. Dalam kunjungan ini juga dilakukan pertemuan singkat dengan Tim Pengawas Kegiatan dan Tim Pengelola Kegiatan KFCP di Desa Katunjung Kab. Kapuas, yang membahas aktivitas kegiatan proyek percontohan REDD+ di desa tersebut.

9. Menyusun rangkuman berita seputar REDD+ (lingkungan, keadaan alam, bencana alam, dsb) dan menyebarkan kepada seluruh stakeholder REDD+ dalam bentuk email ataupun mengunduh ke dalam blog Kantor Pendukung REDD+ Kalteng.

10. Meng-update informasi blog Kantor Pendukung REDD+ di http://www.reddplussupportingoffice.wordpresss.com, dengan kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan baik berupa notulen ataupun gambar.

11. Meng-update kontak list dan tabel aktivitas kegiatan NGO/LSM yang bekerja di bidang lingkungan/bidang lainnya yang terkait dengan REDD+

12. Menyebarluaskan informasi yang diterima dari Satgas REDD+ ataupun pemerintah Provinsi Kalteng ke seluruh stakeholder melalui email, seperti dokumen kerangka akhir Strategi Nasional, 7 (tujuh) usulan program strategik dari Satgas REDD+, dan RPJMD Provinsi Kalteng.

Adapun beberapa rencana kegiatan yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ataupun mendatang antara lain:

1. Mengadakan kunjungan lapangan ke beberapa kabupaten dalam rangka menambah wawasan dan pengetahuan akan kondisi yang ada di lapangan (tingkat kabupaten) sekaligus melihat sumber daya alam (hutan) yang ada di kabupaten.

2. Memberikan dukungan kepada tim penulis Strategi Daerah REDD+ dalam memfasilitasi kegiatan/aktivitasnya.

3. Memfasilitasi studi banding ke Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam terkait dengan kebijakan-kebijakan moratorium penebangan hutan, redesign pengelolaan hutan, pembentukan Unit Pusat Data Geospasial Aceh (PDGA) yang diimpementasikan oleh Pemerintah NAD.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s