Presentasi Center of Excellence (CoE) on PDD REDD-plus kepada Komda REDD-plus Kalteng di Aula Eka Hapakat, Kantor Gubernur Palangka Raya, 8 Juli 2011

Pertemuan ini dihadiri oleh 24 peserta rapat, terdiri dari: anggota Komda REDD + Kalteng, Tim Penulis Strada REDD + Kalteng, akademisi UNPAR, tim dari Universitas Hokaido, serta Kantor Pendukung REDD + Kalteng.

Arahan awal disampaikan oleh Pak Ir. Godlin selaku Staf Ahli Gubernur Kalteng. Dalam arahannya beliau menyampaikan beberapa hal terkait maksud dan tujuan dari pertemuan ini. Maksud dari pertemuan ini adalah untuk menyampaikan kondisi terkini, latar belakang dan tujuan pendirian Center of Excellence (CoE) REDD+ di Kalimantan Tengah; membantu dan mendukung Provinsi Kalimantan Tengah yang telah ditetapkan sebagai Pilot Project REDD+ di Indonesia melalui aksi nyata pendirian Center of Excellence (CoE) REDD+ terutama pada aspek MRV; memberikan gambaran tentang concern / perhatian pihak Pemerintah Jepang (Hokkaido University) kepada Indonesia melalui Universitas Palangka Raya (UNPAR) dalam pendirian Center of Excellence (CoE) REDD+ di Kalimantan Tengah. Sedangkan tujuan dari pertemuan ini adalah agar melalui informasi yang diberikan, diharapkan akan mendapat dukungan dari Pemerintah Prov. Kalteng akan pendirian Center of Excellence (CoE) REDD+ di Kalimantan Tengah ini di masa mendatang; mendapatkan masukan, usulan dan pendapat dari unsur Pemerintah Prov. Kalteng dan KOMDA REDD+ Prov. Kalteng akan rencana dalam pendirian Center of Excellence (CoE) REDD+ di Kalimantan Tengah ini; didapatkannya upaya langkah-langkah bersama dalam menyukseskan Provinsi Kalimantan Tengah sebagai Pilot Project REDD+ di Indonesia melalui aksi nyata.

Usai arahan dari Staf Ahli Gubernur, agenda dilanjutkan dengan presentasi dari Pak Hendrik Segah, Hokkaido University tentang kegiatan yang sudah dilakukan selama ini tentang proyek ini, yaitu beberapa pembahasan yang sudah dilaksanakan, tentatif struktur dari rencana proyek ini, dan preliminary proposal yang ada saat ini. Mr. Mitsuru Osaki dari Hokkaido University juga menambahkan bahwa proyek ini merupakan proyek bersama dengan beberapa stakeholder. Di samping itu, beliau juga menerangkan hal-hal teknik terkait proyek ini yaitu tentang aspek yang ingin dicapai dalam proyek ini, yaitu alur MRV, serta carbon stock, carbon estimation scale yang merupakan MRV system approachment.

Beberapa kesimpulan yang dihasilkan dari pertemuan dan diskusi ini antara lain adalah :
1. Presentasi dari Tim CoE on PDD REDD + ini bertujuan untuk mendapatkan dukungan, saran dan masukan lebih banyak lagi untuk penyempurnaan konsep CoE yang nanti akan diterapkan di Kalteng.
2. Secara prinsip, Pemerintah Provinsi Kalteng sangat mendukung inisiatif akan proyek CoE ini.
3. Jika dalam hal ini, proyek CoE akan melibatkan peran Komda REDD + Kalteng, maka harus ada kejelasan korelasi antara Proyek CoE ini nanti dengan Komda REDD + terlebih korelasi dengan Pemerintah Provinsi Kalteng.
4. Pemerintah Provinsi Kalteng mengharapkan adanya keterbukaan dan komunikasi yang intensif dari pihak inisiator dengan seluruh stakeholder terlebih Komda REDD + Kalteng dan Pemerintah Provinsi Kalteng.
5. Fokus proyek CoE yang terletak pada sistem MRV seharusnya tidak hanya terpaku pada rentetan gambar tapi lebih kepada korelasi dan link dengan pihak lain sehingga jelas sistem kerja MRV ini nantinya.
6. Perlu adanya revisi kembali dengan susunan struktur CoE seperti yang sudah dipresentasikan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s