Gubernur Keluarkan Inpres No. 188.54/11/2011 tentang Pengawasan Terhadap Kegiatan Pembukaan Lahan Sebagai Pedoman Pengawasan Pembukaan Lahan

Palangka Raya – Musim kemarau tahun ini masih menjadi ancaman serius terhadap kebakaran lahan dan pekarangan. Gubernur Kalteng telah mengeluarkan Instruksi Gubernur No. 188.54/11/2011 tentang Pengawasan Terhadap Kegiatan Pembukaan Lahan di Kalteng, dengan dua pertimbangan. Kedua pertimbangan itu adalah banyaknya pembukaan lahan di kawasan hutan maupun non hutan yang tidak terkendali dan masih adanya pembiaran oleh pejabat yang berwenang terhadap pembukaan lahan yang tidak terkendali. Gubernur menginstruksikan kepada Bupati/ Walikota se- Kalteng, camat, lurah, dan kepala desa untuk melakukan pengawasan terhadap setiap adanya kegiatan pembukaan lahan, baik di kawasan hutan maupun nonhutan di wilayah kewenangan masing-masing. Selain itu juga melakukan pengawasan terhadap legalitas perizinan baik untuk usaha perkebunan, pertambangan, pelabuhan, dermaga, koridor jalan, dan untuk semua kegiatan atau usaha yang memerlukan izin pembukaan lahan. Jika tidak dilaksanakan pengawasan, akan diancam dan dikenakan sanksi sesuai Pasal 112 UU No. 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Tanggung jawab pengawasan ini sepenuhnya di bawah tanggung jawab masing- masing Bupati/ Walikota.

(Sumber : Tabengan, 12 Agustus 2011, “Gubernur Keluarkan Inpres No. 188.54/11/2011 tentang Pengawasan Terhadap Kegiatan Pembukaan Lahan Sebagai Pedoman Pengawasan Pembukaan Lahan”)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s