Diskusi Publik – WALHI Kalteng

Pada hari Minggu hingga Senin, 18-19 September 2011 bertempat di hotel Luwansa Palangka Raya, WALHI Kalteng mengadakan sebuah Diskusi Publik tentang “Potret Deforestasi Hutan dan Upaya Perlindungan Atas Hak-hak Masyarakat dalam Proyek Pengurangan Emisi dari Deforestasi dan Degradasi Hutan”.

Kegiatan ini dilatarbelakangi dengan makin sering mencuatnya isu perubahan iklim dan pemanasan global yang mengakibatkan meningkatnya konsentrasi gas rumah kaca di atmosfer yang mempengaruhi kehidupan umat manusia di bumi.
Terdapat tiga tujuan dari pelaksanaan diskusi publik ini. Pertama untuk menggambarkan kondisi hutan dan deforestasi termasuk gambaran perizinan investasi yang memicu deforestasi dan konflik pengelolaan sumber daya alam. Kedua, menyajikan situasi dan kondisi masyarakat di wilayah Proyek REDD di Kalimantan Tengah dan wilayah lainnya. Ketiga, merumuskan permasalahan dan isu-isu sosial, ekonomi, budaya, hukum, dan kebijakan program pembangunan rendah karbon dan REDD+ serta agenda aksi strategis menghadapi isu perubahan iklim dalam merespon Pertemuan Governor Climate and Forest (GCF) di Palangka Raya.

Hasil yang diharapkan dengan adanya diskusi publik ini adalah tergambarkannya situasi hutan dan deforestasi, perizinan dan konflik sosial atas pengelolaan sumber daya alam, adanya informasi terkait dengan kondisi dan situasi masyarakat yang hidup dan tinggal di wilayah proyek REDD serta berbagi pengetahuan lokal masyarakat dalam melestarikan hutan, dan adanya rumusan aksi strategis bersama dalam menghadapi kebijakan perubahan iklim sebagai salah satu masukan terhadap GCF.

Diskusi Publik, WALHI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s