Governors’ Climate and Forest Annual Meeting 2011

Dengan ditunjuknya Kalimantan Tengah selaku Tuan Rumah Governors’ Climate and Forests (GCF) Taskforce 2011 Annual Meeting, maka Bapak Gubernur Kalimantan Tengah selaku Tuan Rumah dan sebagai salah satu anggota GCF telah membentuk Panitia Pelaksana (executive commitee) Pertemuan GCF Tahun 2011 berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Nomor : 188.44/245/2011 pada tanggal 4 Juli 2011.

Tujuan dari dilaksanakannya GCF Taskforce 2011 Annual Meeting di Palangka Raya adalah untuk merampungkan kerangka kerja umum subnasional REDD+, membangun Instrumen Pedanaan GCF, menyiapkan GCF Knowledge Database of REDD+ activities dan kebutuhan negara bagian dan provinsi GCF, dan meningkatkan keterlibatan Stakeholders dan transparansi dalam seluruh aspek kerja GCF.

Peserta GCF sendiri terdiri dari Taskforce dan stakeholder. Taskforce terdiri masing-masing 2 (dua) orang hingga 5 (lima) orang perwakilan dari tiap Provinsi atau Negara Bagian anggota GCF, yaitu dari Aceh, Acre, Amapa, Amazonas, California, Campeche, Chiapas, Cross River State, Illinois, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Papua, Para, Mato Grosso, Madre De Dios, peninjau dari Propinsi Papua Barat, Riau dan Sumatera Selatan serta dari propinsi tetangga Kalimantan Selatan. Sedangkan stakeholder merupakan Individual atau Perwakilan NGO dan institusi baik dari tingkat lokal, nasional maupun international yang mendaftar (register) dan terpilih.

Undangan khusus dalam pembukaan GCF adalah Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Republik Indonesia, Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Menteri Kehutanan Republik Indonesia, Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia, Dewan Nasional Perubahan Iklim, Duta Besar Negara Anggota GCF dan Norwegia, dan Para Bupati/Walikota se Kalimantan Tengah

Sebelum mengawali acara GCF pada tanggal 20 September 2011, sebuah jamuan makan malam pada tanggal 19 September 2011 diadakan oleh Gubernur Kalimantan Tengah selaku Tuan Rumah Acara. Usai pembukaan pada tanggal 20 September 2011, agenda esok harinya, 21-22 September dilanjutkan dengan main event yang meliputi Pertemuan Kerja Tertutup (closed working meeting); Up Date Tingkat Nasional Negara Anggota GCF, Tingkat Provinsi/Negara Bagian dan Sekretariat GCF, dan Paparan (exposure) Para Ahli serta Diskusi. Pada tanggal 22 September 2011 dilanjutkan dengan Side Event yang meliputi Google Earth Technical Workshop, Presentasi IAFCP/KFCP, dan 6 Inisiatif REDD+ di Kalimantan Tengah. Sejak tanggal 20-22 September 2011, sejumlah stand pameran juga tampak mengisi alley di tempat acara. Malam harinya, pada tanggal 22 September 2011, jamuan makan malam penutupan diadakan oleh IAFCP/KFCP dan Bupati Kapuas di Hotel Rungan Sari. Pada tanggal 23 september 2011, dilaksanakan kunjungan lapangan yang meliputi kunjungan ke lokasi IAFCP/KFCP di desa Petak Puti (Kabupaten Kapuas), Laboratorium Alam Hutan Gambut (LAHG)-CIMTROP di desa Kereng Bangkirai, Taman Nasional Sebangau (BTNS-WWF) dan ke Desa Pilang (Pengelolaan Hutan Berbasis Masyarakat).

Pembiayaan GCF Taksforce 2011 Annual Meeting ini dilakukan atas kerjasama Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dengan Sekretariat GCF Colorado, serta didukung oleh Kemitraan, UKP4, KFCP, Yayasan Perspektif Baru, dan WWF.

Poster yang dipamerkan saat Acara GCF

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s