LAPORAN KEGIATAN KANTOR PENDUKUNG REDD+ KALIMANTAN TENGAH JULI 2011

Berikut ini adalah laporan kegiatan Kantor Pendukung REDD+ Kalimantan Tengah yang telah dilakukan pada bulan Juli 2011, yang antara lain adalah:

1. Memfasilitasi KOMDA REDD+ dalam pertemuan pembahasan lanjutan penyusunan Centre of Excellence yang rencananya akan dilaksanakan oleh Pihak Universitas Hokaido (Jepang) bekerja sama dengan Universitas Palangka Raya. Dalam pertemuan yang dilaksanakan di Ruang Pertemuan Kantor Gubernur Lantai 3 pada tanggal 8 Juli 2011 ini Pihak Universtias Hokaido memberikan presentasi akan rencana program seputar Centre of Excellence yang rencananya akan dilaksanakan di Kalteng.

2. Memfasilitasi KOMDA REDD+ dalam kunjungan tim Third Country Training Programme (TCTP) ke Palangka Raya pada tanggal 15 Juli 2011 dalam rangka mengundang Kalteng untuk berpartisipasi dalam pelatihan “Pengawasan Hutan Tropis” yang rencananya akan diadakan pada bulan Oktober di Brazil. Kunjungan ini diawali dengan pertemuan courtesy call dengan Bapak Wakil Gubernur Kalteng, dilanjutkan dengan pertemuan dengan beberapa instansi terkait seperti Bappeda, Dinas Kehutanan, Badan Lingkungan Hidup, Biro Umum, biro kerja sama, dan Biro Humas Kantor Gubernur. Kemudian acara dilanjutkan dengan kunjungan ke lokasi Program Reintroduksi Orang Utan Kalteng di Nyaru Menteng dipimpin oleh Dinas Kehutanan dan didampingi oleh Biro Umum Kantor Gubernur Kalteng dan Kantor Pendukung REDD+.
Sebelum kedatangan TCTP team ini juga telah dilakukan persiapan dengan mengadakan rapat pembahasan kedatangan TCTP dan pembagian tugas masing masing institusi (5 Juli 2011). Dalam hal ini telah ditunjuk Dinas Kehutanan sebagai leading dari kegiatan ini, yang didukung oleh BAPPEDA dalam mempersiapkan material untuk presentasi, biro umum dan biro Humas/Protokoler Kantor Gubernur untuk pengaturan jadwal pertemuan, dan Kantor Pendukung REDD+ sebagai penghubung dengan pihak JICA dan Kedutaan Spanyol di Jakarta.

3. Menindaklanjuti hasil pertemuan Pak William Sabandar (Satgas REDD+) dengan Bapak Gubernur Kalteng, Kepala Bappeda, Kepala Badan Lingkungan Hidup, Kepala Dinas Kehutanan, dalam rencana implementasi program strategis implementasi REDD+ di Kalteng. Setelah melakukan koordinasi secara intensif dengan BAPPEDA sebagai leading program tersebut diatas, maka disepakati rapat yang seyogyanya diadakan pada tanggal 21 Juli 2011 ditunda sampai pemberitahuan lebih lanjut.
Pada kesempatan ini, Kantor Pendukung juga telah memfasilitasi kunjungan Bapak Heru Prasetyo (UKP4) dan perwakilan dari beberapa UN Agencies di Jakarta yang seyogyanya akan menghadiri rapat pada tanggal 21 Juli 2011 tersebut.

4. Memfasilitasi kunjungan UN Team (21 – 27 Juli 2011) ke Palangka Raya dalam rangka berkoordinasi dengan beberapa institusi pemerintah dan NGO (Lokal). Selain itu, Kantor Pendukung juga menyediakan dukungan fasilitas ruang kantor bagi UN Team selama kunjungan mereka.
5. Memfasilitasi kunjungan perwakilan Kedutaan Besar Norwegia, Ibu Sulaiman Rini Arian, dalam melakukan persiapan awal rencana kedatangan Menteri Lingkungan Hidup dan Pembangunan Internasional Norwegia, Bapak Erik Solheim yang direncanakan akan berkunjung ke Palangka Raya pada tanggal 27 September 2011. Untuk alasan tersebut diatas, Kantor Pendukung REDD+ telah memfasilitasi pertemuan awal dengan Bapak Godlin (Staf Ahli Gubernur), beserta bersama Biro Ekonomi Kantor Gubernur.

6. Menindaklanjuti permohonan akan tiga unit ambien yang telah disampaikan kepada Satgas REDD+ oleh KOMDA REDD+. Dalam hal ini, telah dianggarkan pengadaan tiga unit ambien sesuai dengan spesifikasi yang diminta. Namun, pembelian tiga unit ambien ini masih menunggu penunjukkan Bapak Presiden RI akan Implementing Partner REDD+.

7. Menghadiri beberapa undangan pelatihan/workshop/diskusi terbuka yang diadakan oleh beberapa pemangku kepentingan dari REDD+, seperti:
– Pertemuan CLUA dengan NGO di Kalteng yang difasilitasi oleh POKKER SHK, dan diadakan di Hotel Amaris pada tanggal 2 Juli 2011.
– Lokakarya Standar Sosial dan Lingkungan REDD+ (Social Environment Standards) yang diadakan selama tiga hari oleh Clinton Foundation bertempat di Hotel Aquarius, pada tanggal 12-14 Juli 2011.
– Pembelajaran Bersama Perencanaan Pembangunan Berkelanjutan yang diselenggarakan oleh USAID-IFACS bertempat di Balai Pertemuan Kabupaten Pulang Pisau pada tanggal 14 Juli 2011.
– Pemaparan Mc Kinsey & Co akan analisa Sosial Economy dan strategi karbon rendah yang diadakan di Aula Eka Hapakat Kantor Gubernur pada tanggal 19 Juli 2011.
– Pemaparan dan diskusi terkait upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim di Kalteng, dipimpin oleh Badan Lingkungan Hidup, yang diadakan di Kantor Pendukung REDD+ pada tanggal 21 Juli 2011.
– Pemutaran Film REDD+ Mengetuk Pintu Rumah Kita yang diselenggarakan oleh AMAN bertempat di kantor AMAN pada tanggal 25 Juli 2011.
– Lokakarya Kebakaran Lahan Hutan yang diselenggarakan oleh CARE bertempat di Hotel Dandang Tingang pada tanggal 26 – 28 Juli 2011.
– Fokus Group Discussion “Menyusun Standardisasi Silabus dalam Melakukan Aktifitas Penerapan FPIC pada Kawasan Pembangunan Rendah Karbon di Kalteng”, yang diselenggarakan oleh POKKER SHK bertempat di Hotel Amaris pada tanggal 30 Juli 2011.

Disamping itu juga dilaporkan beberapa kegiatan dari NGO yang berhubungan dengan REDD+, dilaksanakan pada bulan Juli 2011, antara lain adalah:
– Dialog Publik Sinkronisasi antara Hukum Adat dan Hukum Nasional di Kalteng yang diselenggarakan oleh AMAN di Aula Soverdi pada tanggal 16 Juli 2011.
– Focus Group Discussion UU No.32 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup yang oleh BLH Kalteng dengan mendatangkan narasumber Bapak Sonny Keraf, bertempat di Hotel Aquarius pada tanggal 19 Juli 2011.

8. Menerima kunjungan tamu yang disertai dengan pertemuan singkat dengan berbagai stakeholder dengan maksud mengkoordinasikan kegiatan REDD+ di Kalteng, antara lain:
– USAID-IFACS. Pengenalan rencana program REDD+ USAID-IFACS di Kalteng.
– Clinton Foundation. Penyampaian rencana aksi paska dilaksanakannya lokakarya Stardard Lingkungan dan Ekonomi.
– Hokaido University. Pengenalan Hokaido University dalam rencana program CoE yang bekerja sama dengan Universitas Palangka Raya.
– Pusat Konservasi & Rehabilitasi Kementerian Kehutanan. Informasi seputar kegiatan dan stakeholder REDD+ di Kalteng.
– Wageningen University. Informasi seputar kegiatan REDD+ di Kalteng.

9. Menyusun rangkuman berita seputar REDD+ (lingkungan, keadaan alam, bencana alam, dsb) dan menyebarkan kepada seluruh stakehorlder REDD+ dalam bentuk email ataupun mengunduh ke dalam blog Kantor Pendukung REDD+ Kalteng.

10. Meng-update informasi blog Kantor Pendukung REDD+ di http://www.reddplussupportingoffice.wordpresss.com, dengan kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan baik berupa notulen ataupun gambar.

11. Meng-update kontak list dan tabel aktivitas kegiatan NGO/LSM yang bekerja di bidang lingkungan/bidang lainnya yang terkait dengan REDD+

Adapun beberapa rencana kegiatan yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ataupun mendatang, adalah antara lain:

1. Memberikan dukungan kepada tim penulis Strategi Daerah REDD+ dalam memfasilitasi kegiatan/aktivitasnya.

2. Melakukan koordinasi lanjutan dengan BPBD Provinsi Kalteng terhadap dukungan atas kegiatan penanganan kebakaran hutan.

3. Pengadaan sarana dan prasarana penunjang untuk Training Centre REDD+ yang renovasinya akan segera diselesaikan.

4. Memfasilitasi studi banding ke Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam terkait dengan kebijakan-kebijakan moratorium penebangan hutan, redesign pengelolaan hutan, pembentukan Unit Pusat Data Geospasial Aceh (PDGA) yang diimpementasikan oleh Pemerintah NAD.

5. Mengadakan kunjungan lapangan ke beberapa kabupaten dalam rangka menambah wawasan dan pengetahuan akan kondisi yang ada di lapangan (tingkat kabupaten) sekaligus melihat sumber daya alam (Hutan) yang ada di kabupaten.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s